Setelah anda memenuhi persyaratan modal minimum untuk membangun perusahaan bisnis barang impor ini, yaitu sebanyak USD 250.000, anda dapat mendapatkan persetujuan untuk mendapatkan izin bisnis dan memproses pendirian PT PMA anda.

blueraycargo.id

Secara hukum, anda perlu membayar 25% sebagai modal minimum dari rancangan investasi total sebesar USD 1 juta sebagai persyaratan untuk dapat mendaftar sebagai PT PMA. Tetapi, terhadap kenyataanya, dengan hanya menyerahkan surat pernyataan dari notaris saja sudah cukup untuk proses pendaftaran perusahaan.

Dengan berada satu cara lebih cepat dari proses hukum di Indonsia dengan mempunyai semua dokumen pendaftaran yang diperlukan dapat menghemat waktu, uang, dan bisnis anda.

Berikutnya, jika perusahaan anda sudah siap untuk beroperasi, anda perlu mendaftarkan perusahaan anda untuk Izin Usaha Tetap ke BKPM . BKPM dapat meminta anda untuk menyerahkan dokumen alamat perusahaan, perizinan kantor dan gudang bisnis anda ke Notaris akta pendirian dan izin komitmen dari BPKM. Berbeda dengan kantor virtual, anda memerlukan surat domisili untuk dapat mendaftarkan perusahaan anda dari pemerintah lokal ditempat perusahaan dapat bergerak. Cekindo dan konsultan kita yang memiliki pengalaman dan profesional dapat dapat menunjang anda memenuhi syarat untuk kantor virtual.

Jika anda sudah mendapatkan IUT, seterusnya adalah cara mengurus izin impor product dengan mengurus Angka Pengenal Importir . API-U untuk lisensi impor umum atau API-P untuk lisensi impor produsen merupakan jenis-jenis dari API yang perlu diperbaharui tiap tiap 5 tahun.

Sebagai PT PMA, anda perlu men-spesifikasikan product yang dapat anda impor. Anda hanya dapat mendapatkan satu API-U atau API-P dan menggunakannya untuk 1 spesifikasi barang yang sudah ditentukan untuk product anda.

Direktur Mentri Perdagangan mengizinkan perusahaan untuk mengimpor tanpa pakai API, yang hanya berlaku untuk sebagian barang atau untuk barang yang jarang laksanakan transaksi impor. Kondisi ini terhitung berlaku untuk obyek penelitian, barang promosi, impor sementara, barang mengonsumsi pribadi, dan lainnya.

Setelah anda mendapatkan API, anda perlu mengurus Nomor Identitas Kepabeanan ke Directorate General of Customs & Excise . Nomor ini berlaku hingga DGCE membatalkan kepemilikan NIK tersebut. Importir tengah di dalam penyelidikan yang perihal dengan persoalan kepabeanan.

 

By admin